-->
Analisapos

Terkini,Terpercaya Dan Independen

  • Jelajahi

    Copyright © Analisapos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan paling atas manual


     

    Kita Tengelam Dalam Informasi Tetapi Miskin Penegetahuan

    Editor
    Tuesday 31 January 2023, January 31, 2023 WIB Last Updated 2023-01-31T15:24:31Z

    ilustrasi


    D

    i dunia semodern ini, kemana lagi orang mencari pengetahuan itu bila tidak searching di internet, misalnya menggunakan mesin pencari data: google, selain (tentu saja) saluran pengetahuan dan ketrampilan primer: sekolah, kursus, pelatihan dan sejenisnya.

     

    Pada satu sisi internet menjanjikan keberlimpahan informasi, sehingga memberi kemudahan akan akses terhadap suatu hal secara cepat dan akurat.


    Tetapi di sisi lain, internet membuat orang bingung dalam menentukan sikap terhadap luapan informasi di dalamnya.


    Karena hari ini orang tidak lagi tanya soal bagaimana mengumpulkan dan mendapat informasi, tetapi tanya bagaimana cara ia bisa manfaatkan dan pakai informasi itu dengan tepat.


    Kenyataannya, di tengah jutaan data dalam internet, kita menemukan diri kita tenggelam dalam lautan informasi sambil mengalami kekurangan pengetahuan yang justru benar-benar kita butuhkan untuk hidup sehari-hari di tengah realitas hidup.


    Lalu, apa itu pengetahuan? Apakah semua informasi yang kita dapat akses di internet adalah pengetahuan?


    Ternyata tidak semua informasi di internet bisa menjadi pengetahuan bahkan berpotensi menenggelamkan kita dalam lautan data/informasi dengan membuat kita tetap miskin pengetahuan.


    Poin penting atau  esensi antara pengetahuan dan informasi. Informasi barulah kumpulan-kumpulan data, sementara pengetahuan adalah informasi yang sudah dibingkai dengan kerangka tertentu.


    “ Jadi informasi tidaklah sama dengan pengetahuan, sebagaimana keyakinan tidak sama dengan pengetahuan

     

    Baca Juga: Tulisan Juranalis Lebih Tajam Dari Peluru, Goresan Tinta Mengubah Dunia


    Yang terpenting bukanlah  fakta-fakta apa saja yang anda ketahui tetapi  apa yang anda ketahui untuk anda kerjakan.


    Plato adalah ilmuwan dan filsuf yang banyak bicara soal epistemologi atau teori pengetahuan. Pada zamannya, yang ramai diperdebatkan dan dianalisa adalah soal sama atau tidaknya pengetahuan dan keyakinan dengan jalan memperbandingkannya.


    Menurut Kieron, perdebatan tentang apakah keyakinan dan pengetahuan itu kini bukan zamannya lagi. Kini esensi perdebatan yang lebih patut untuk diperdebatkan adalah beda/sama-nya informasi dan pengetahuan. 


    Itulah alasan Plato dihubungkan dengan internet sebagai saluran informasi untuk pengetahuan manusia di zaman-modern ini.


    Socrates: Menurut anda, apakah mengetahui dan meyakini mempunyai arti yang sama, atau adakah perbedaan antara pengetahuan dan keyakinan?


    Georgias: Saya mesti mengatakan bahwa di antara keduanya terdapat perbedaan.


    Socrates: Tepat. Dan anda dapat membuktikannya seperti ini, jika anda ditanya, benarkah ada keyakinan sejati, dan, di sisi lain keyakinan


    Socrates: Tepat. Dan anda dapat membuktikannya seperti ini, jika anda ditanya, benarkah ada keyakinan sejati, dan, di sisi lain keyakinan palsu, dan anda pasti akan menjawab: tepat.


    Georgias: Ya.


    Socrates: Namun, adalah pengetahuan yang benar, dan adakah pengetahuan yang keliru?


    Georgias: Tentu saja tidak.


    Socrates: Dengan demikian, jelaslah bahwa pengetahuan dan keyakinan tidaklah sama.


    Lalu, Keterbukaan HTML memungkinkan setiap orang menciptakan isi dan kemudian menempatkannya dalam WWW. Hasilnya adalah ledakan data: naskah, gambar.... Bersambung...!!

     

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Hukum & Kriminal

    +