-->
Analisapos

Terkini,Terpercaya Dan Independen

  • Jelajahi

    Copyright © Analisapos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan paling atas manual


     

    Toni Fisher: Psikiater, merupakan kebutuhan Prioritas Daerah

    Editor
    Friday 17 February 2023, February 17, 2023 WIB Last Updated 2023-02-18T02:29:53Z

     

    AnalisaPos.com, Pesisir Barat - Belum Adanya dokter spesialis kedokteran Jiwa (Psikiater) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) sampai saat ini,  disayangkan, pasalnya hal itu harusnya  sejak awal kabupaten itu berdiri, Pemkab telah melakukan pemetaan kebutuhan layanan hak  kesehatan fisik dan psikis masyarakat di kabupaten itu, bisa menjadi prioritas. 


    Sehingga setiap program yang dianggarkan dan  akan di wujudkan, diawali dengan pemetaan kebutuhan masyarakat, yang menjadi data untuk kemudian diwujudkan dalam bentuk program kerja.


    Hal itu dikatakan Direktur Lembaga Pemerhati Hak Perempuan dan Anak (LPHPA)  Provinsi Lampung, Toni Fisher, Jumat 17 Februari 2023, kepada jurnalis media ini, terkait hingga saat ini belum ada Psikiater di Pesibar, yang notabene banyak pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan  jiwa di kabupaten itu 


    "Sejauhmana Pemda serius memenuhi hak kesehatan terutama kesehatan jiwa bagi warganya? Yang saya khawatir bila yang membutuhkan adalah perempuan dan anak. terutama yang menjadi korban kekerasan.

    juga, Padahal di depan mata  ODGJ itu berkeliaran, pemenuhan hak nya diatur dalam Undang undang kesehatan jiwa. Dimana pelayan pertama nya adalah Puskesmas, tapi coba dicek ada gak puskesmas di Pesibar punya ruang layanan tersebut. kalau ada layanan tersebut kan sangat menolong, mengingat jarak tempuh dari Krui  bila harus dirujuk ke provinsi yang jauh jaraknya," kata Toni. 


    adalah  bukan hal yang sulit dan Mustahil kalau Pemkab serius memprioritaskan adanya psikiater beserta  sarana prasarana fasilitasnya untuk ada di Pesibar. karena di kabupaten lain di Lampung,   layanan kesehatan jiwa tersebut telah ada.


    "Dan untuk puskesmas yang punya layanan ruang rawat ODGJ ada di Mesuji, Puskesmas Brabasan, Sidomulyo.

    ini menjadi bahan evaluasi dan koreksi.

    yang sering dan memang seolah di abaikan kebutuhan SDM ahli kejiwaan sekaligus juga di perhatikan kebutuhan SDM Layanan nya.Baik sarpras nya berupa pusat layanan (klinik, RS puskesmas,posyandu dll ) Untuk kebutuhan masyarakat bidang kesehatan tersebut, " kata dia. 


    Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pesibar, Irhamudin, dihubungi Jumat 17 Februari 2023,mengatakan 

    selama ini pihaknya memang diskes berupaya agar ada dokter spesialias dikabupaten itu, namun memang psikiater tidak menjadi prioritas. 


    "Spesialis anak dan spesialis lain tetapi kalau  penanganan itu (Psikiater), pasti tidak ada, karena penanganan kekerasan dan perempuan  ada di Dinas Pemberdayaan Perempuan  Perlindungan Anak Keluarga Berencana (PPPAKB)," kata dia. 


    sejauh ini kata dia meski untuk kebutuhan dokter  spesialis terus diusulkan namun belum juga terpenuhi. 


    "Mungkin Pesibar belum menjadi primadona, pilihan mereka.  intinya pemkab pesibar selalu mengusulkan  yang kedua untuk menjaring (memiliki psikiater)  itu juga pesibar belum mampu membayar insentif yang besar. mungkin kalau insentifnya besar merekanya mau(bertugas di Pesibar)," kata dia. 


    disinggung tentang adanya kegiatan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) .  pemkab Pesibar melalui Diskes yang dilaksanakan di luar wilayah pesibar yakni di Bandar Lampung, yang terkesan akan lebih tepat kalau biaya yang dianggarkan untuk kegiatan itu digunakan untuk kebutuhan kebutuhan prioritas  seperti  pengadaan dokter spesialis yang termasuk  didalamnya Psikiater, Irhamudin mengatakan kegiatan  BLUD merupakan prioritas dan lokasi pelaksanaannya di mana tergantung Nara sumber kegiatan itu. 


     "Iya,  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) , ini prioritas, kabupaten lain sudah melaksanakan semua. kita di Pesibar belum melaksanakan sama sekali. masalah di laksanakan di dalam wilayah   kabupaten atau diluar kabupaten itu tergantung ,nara sumbernya.  nara sumbenya dapat datang atau tidak? Nara sumbernya kan  BPKP Provinsi," jelas Irhamudin.(Tim AJO ind Pesibar)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Hukum & Kriminal

    +