-->
Analisapos

Terkini,Terpercaya Dan Independen

  • Jelajahi

    Copyright © Analisapos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan paling atas manual


     

    Lestarikan Tradisi, Persatuan Pemuda dan Pelajar Marga Ngaras Gelar Acara Nyambai

    Editor
    Tuesday 2 May 2023, May 02, 2023 WIB Last Updated 2023-05-02T18:56:04Z


    AnalisaPos.com, Pesisir Barat- Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal didampingi Wakil Bupati Pesisir Barat, A. Zulqoini Syarif menghadiri sekaligus membuka kegiatan tradisi “NYAMBAI” di Pekon Negeri Ratu, Kecamatan Ngaras, Senin (1/5/2023).


    Kegiatan tersebut merupakan salah satu usaha untuk melestarikan tradisi dan warisan nenek moyang yang ada di Kabupaten Pesisir Barat.


     “NYAMBAI” tersebut dibuka dengan ditandai pemukulan Gong oleh Bupati Pesisir Barat beserta Wakil Bupati Pesisir Barat dan Para Sai Batin Marga.


    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Pesisir Barat, Plt.Sekretaris Daerah, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Ngaras, Para Sai Batin Marga Ngaras, Tokoh Agama, Peratin Negeri Ratu Ngaras, para Peserta Nyambai, dan para Tamu Undangan.


    Dalam Sambutannya, Bupati Pesisir Barat mengatakan dikarenakan masih dalam momen Hari Raya Idul Fitri, atas nama Pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, menyampaikan Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin.


    “Atas nama Pribadi dan Pemkab Pesisir Barat, saya mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin, jika selama ini banyak kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja”, tandas Bupati


    Bupati juga menambahkan bahwa Pemkab Pesisir Barat akan terus mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan adat seperti “NYAMBAI” ini demi kelestarian adat istiadat yang ada supaya tidak hilang di gempuran era dunia modern seperti sekarang.


    “Pemkab akan terus mendukung kegiatan-kegiatan adat seperti “NYAMBAI” ini agar tetap lestari dan menjadi kebanggaan para anak cucu kita nanti”, tambah Bupati.(Hijrah).



    Acara IYAMBAI ini di laksanakan oleh Organisasi perstuan pemuda pelajar marga ngaras (P3MN)

    Acara nyambai adalah salah satu acara puncak dalam tangkai kegiatan yang di laksanakan oleh p3mn


    Baca Juga : Peduli Kemanusiaan OSIS SMAN1 Karya Penggawa Galang Dana Korban Kebakaran


    Organisasi p3mn mumpunyai 3 tangkai kegiatan,

    1.pawai akbar

    2futsal akbar

    3.Nyambi akbar

    Tiga tangkai kegiatan ini yang berjudul Pekan Seni dan Olahraga dengan mengambil tema P3mn bergerak,bersinergi dalam bingkai budaya dan olahraga


    Alhamdulillah ketiga kegiatan ini sudah terlaksana dengan lancar dan sangat di apresiasi oleh bupati pesisir barat dan sekda pesisir barat serta seluruh warga marga ngaras,khususnya dalam tangkai kegiatan Nyambai akbar


    "Acara pekan seni dan olahraga ini adalah acara yang dilaksanakan oleh p3mn untuk menyambut bulan suci ramadhan,khususnya acara Nyambai akbar tak lain tak bukan hanya untuk melestarikan adat dan budaya marga ngaras dan mengenalkan adat dan budaya marga ngaras di masyarakat luar "ujar tuplak pekan seni dan olahraga.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Hukum & Kriminal

    +