-->
Analisapos

Terkini,Terpercaya Dan Independen

  • Jelajahi

    Copyright © Analisapos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan paling atas manual


     

    Perjuangan Yaman vs Hegemoni AS di Asia Barat, WW3 Tampak Semakin Dekat

    Editor
    Saturday 6 January 2024, January 06, 2024 WIB Last Updated 2024-01-06T17:14:20Z

    Yaman vs Hegemoni AS di Asia Barat -
     Oleh : William Van Hagenan




    Analisapos.com, Internasional - Rasa malu yang dialami Menteri Austin dan penasihat Gedung Putih Jake Sullivan terjadi dengan cepat. Tak lama setelah pengumuman koalisi, sekutu utama AS, Arab Saudi dan Mesir, menolak berpartisipasi. Sekutu Eropa Denmark, Belanda, dan Norwegia  memberikan sedikit dukungan  hanya mengirimkan segelintir perwira angkatan laut.   


    Prancis setuju untuk berpartisipasi namun menolak mengerahkan kapal tambahan ke wilayah tersebut atau menempatkan kapal yang ada di sana di bawah komando AS. Italia dan Spanyol membantah klaim partisipasi mereka, dan delapan negara tetap tidak disebutkan namanya, sehingga menimbulkan keraguan akan keberadaan mereka.


    Oleh karena itu, Ansarallah telah menghancurkan pilar lain dari Strategi Keamanan Nasional Gedung Putih, yang berupaya “mendorong integrasi regional dengan membangun hubungan politik, ekonomi, dan keamanan antara mitra AS, termasuk melalui struktur pertahanan udara dan maritim yang terintegrasi.”


    -Revolusi dalam peperangan laut -


    Pentagon berencana untuk melindungi kapal-kapal komersial dengan menggunakan sistem pertahanan rudal pada kapal induk angkatan laut AS dan sekutu yang dikerahkan ke wilayah tersebut.


    Namun negara adidaya di dunia, yang kini berdiri sendiri, tidak memiliki kapasitas militer untuk melawan serangan dari Yaman, negara termiskin di Asia Barat, yang dilanda perang.


    Hal ini karena AS bergantung pada rudal pencegat yang mahal dan sulit diproduksi untuk melawan drone dan rudal yang murah dan diproduksi secara massal yang dimiliki Ansarallah.


    Austin membuat pengumumannya tak lama setelah kapal perusak USS Carney mencegat 14 drone serang satu arah hanya dalam satu hari, 16 Desember.


    Operasi tersebut tampaknya sukses, namun  Politico dengan cepat melaporkan bahwa menurut tiga pejabat Departemen Pertahanan AS, biaya untuk melawan serangan semacam itu “menjadi kekhawatiran yang semakin besar.”  


    Rudal SM-2 yang digunakan oleh USS Carney masing-masing berharga sekitar $2,1 juta, sedangkan drone serangan satu arah Ansarallah hanya berharga $2,000.  


    Artinya, untuk menembak jatuh drone senilai $28.000 pada 16 Desember, AS menghabiskan setidaknya $28 juta hanya dalam satu hari.


    Ansarallah kini telah melancarkan lebih dari 100 serangan drone dan rudal, menargetkan sepuluh kapal komersial dari 35 negara, yang berarti biaya rudal pencegat AS saja telah melebihi $200 juta.


    Namun biaya bukanlah satu-satunya batasan. Jika Ansarallah tetap mempertahankan strategi ini, pasukan AS akan segera menghabiskan persediaan rudal pencegat mereka, yang dibutuhkan tidak hanya di Asia Barat tetapi juga di Asia Timur.


    Seperti yang diamati oleh Fortis Analysis , AS memiliki delapan kapal penjelajah dan kapal perusak berpeluru kendali yang beroperasi di Mediterania dan Laut Merah, dengan total 800 rudal pencegat SM-2 dan SM-6 untuk pertahanan kapal di antara keduanya. 


    Analisis Fortis lebih lanjut mencatat bahwa produksi rudal-rudal ini lambat, yang berarti setiap kampanye yang sedang berlangsung untuk melawan Ansarallah akan dengan cepat menghabiskan stok rudal pencegat AS ke tingkat yang sangat rendah. Sementara itu, produsen senjata AS, Raytheon, hanya dapat memproduksi kurang dari 50 SM-2 dan kurang dari 200 rudal SM-6 setiap tahunnya.  


    Jika stok ini berkurang, maka Angkatan Laut AS akan rentan tidak hanya di Laut Merah dan Mediterania, tempat Rusia juga aktif, namun juga di Samudera Pasifik, tempat Tiongkok menimbulkan ancaman signifikan dengan rudal hipersonik dan balistiknya.


    Analisis Fortis menyimpulkan dengan mengamati bahwa semakin lama Ansarallah terus “melemparkan pukulan” ke aset komersial, Angkatan Laut AS, dan maritim sekutu, “semakin buruk perhitungannya. Rantai pasokan memenangkan perang – dan kita kehilangan domain penting ini.”


    Dan Ansarallah belum mencoba serangan kawanan drone, yang akan memaksa kapal-kapal AS untuk melawan puluhan ancaman yang datang sekaligus.


    “Segerombolan kawanan dapat membebani kemampuan sebuah kapal perang, tetapi yang lebih penting, hal ini dapat berarti senjata melewati mereka dan menyerang kapal komersial,”  kata Salvatore Mercogliano, pakar angkatan laut dan profesor di Universitas Campbell di North Carolina .


    Selain itu, kapal perang AS juga akan menghadapi pertanyaan tentang bagaimana cara mengisi kembali persediaan rudal mereka.


    -Kapasitas rudal USS John Finn dan USS Porter-


    “Satu-satunya lokasi untuk mengisi ulang senjata adalah di Djibouti (pangkalan AS di Tanduk Afrika) dan lokasi tersebut dekat dengan tempat terjadinya aksi,” katanya.


    Pakar lain berpendapat bahwa kapal-kapal tersebut akan berlayar ke Laut Mediterania untuk memuat ulang dari pangkalan AS di Italia dan Yunani, atau ke pulau Teluk Bahrain yang menjadi tempat Kegiatan Dukungan Angkatan Laut dan merupakan rumah bagi Komando Pusat Angkatan Laut AS dan Armada Kelima Amerika Serikat. 


    Akibatnya, Abdulghani al-Iryani, peneliti senior di Pusat Studi Strategis Sanaa, menggambarkan situasi di Yaman sebagai sebuah kasus di mana teknologi bertindak sebagai “penyeimbang yang hebat.”  


    “F-15 Anda yang berharga jutaan dolar tidak berarti apa-apa karena saya memiliki drone yang berharga beberapa ribu dolar yang akan menimbulkan kerusakan yang sama besarnya,” katanya kepada  New York Times 


    Meskipun militer AS berhasil memproduksi sistem senjata yang mahal dan berteknologi rumit yang memberikan keuntungan luar biasa bagi industri senjata, seperti pesawat tempur F-15, namun mereka tidak mampu memproduksi cukup senjata yang dibutuhkan untuk benar-benar berperang dan memenangkan perang nyata. di sisi lain dunia, dimana rantai pasokan menjadi semakin penting.


    Di Yaman, Amerika Serikat sangat tertantang oleh masalah yang sama yang mereka hadapi ketika melakukan perang proksi di Ukraina melawan Rusia, yang setelah hampir dua tahun, para pejabat Amerika mengakui bahwa mereka telah mengalami kekalahan.  


    Moskow memiliki basis industri dan rantai pasokan untuk memproduksi ratusan ribu peluru artileri 152 mm yang berbiaya rendah dan sederhana – dua juta per tahun – yang diperlukan untuk keberhasilan dalam perang gesekan selama bertahun-tahun yang sebagian besar dilakukan di parit. Sederhananya, Amerika tidak melakukan hal tersebut.


    Kompleks industri perang Washington saat ini, paling banter, memproduksi 288.000 peluru setiap tahunnya dan berupaya memproduksi satu juta peluru pada tahun 2028, yang masih hanya setengah dari kemampuan manufaktur Rusia.  


    Selain itu, menurut para ahli barat, satu peluru artileri 152mm Rusia berharga $600 dolar, sedangkan negara barat membutuhkan biaya $5.000 hingga $6.000 untuk memproduksi peluru artileri 155mm yang sebanding.  


    -Masuk ke Iran-

        Situasi keamanan hanya akan bertambah buruk bagi AS jika Iran ikut serta dalam konflik demi mendukung Ansarallah, yang tanda-tandanya sudah mulai terlihat.


    Pada tanggal 23 Desember, AS secara terbuka menuduh Iran menargetkan kapal komersial untuk pertama kalinya sejak dimulainya perang Israel di Gaza, dan mengklaim bahwa kapal tanker kimia milik Jepang di lepas pantai India menjadi sasaran drone yang “ditembakkan dari Iran.”

      

    Pada hari yang sama, Teheran membantah tuduhan tersebut namun mengancam akan menutup paksa jalur pelayaran maritim penting lainnya kecuali Israel menghentikan kejahatan perangnya di Gaza.


    “Dengan berlanjutnya kejahatan ini, Amerika dan sekutunya harus bersiap menghadapi munculnya kekuatan perlawanan baru dan penutupan saluran air lainnya,” Mohammad Reza Naqdi, seorang pejabat di Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran,  memperingatkan .


    Sebagai pengingat, Iran memiliki persenjataan rudal terbesar dan paling beragam di Asia Barat, dengan ribuan rudal balistik dan jelajah, beberapa di antaranya mampu menyerang Israel.  


    Pada tanggal 24 Desember, Iran mengumumkan angkatan lautnya telah menambahkan rudal jelajah yang “sepenuhnya cerdas”, termasuk rudal dengan jangkauan 1.000 km yang dapat mengubah target selama perjalanan, dan satu lagi dengan jangkauan 100 km yang dapat dipasang di kapal perang.  


    Karena pasukan AS dan Israel sudah berada di bawah tekanan dari pasukan Poros Perlawanan di Lebanon, Suriah, Irak, Palestina, dan sekarang Yaman, kemungkinan masuknya Iran ke dalam konflik ini bahkan lebih buruk lagi bagi Washington, terutama pada tahun pemilu.


    -Genosida sebagai kebijakan luar negeri-

     Jadi, seberapa jauh Presiden Joe Biden, Menteri Luar Negeri Antony Blinken, dan Jake Sullivan bersedia memfasilitasi pembantaian Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza?


    Komitmen ketiga negara tersebut terhadap paket bantuan militer untuk Israel dan Ukraina, meskipun terdapat kekhawatiran utang, menimbulkan pertanyaan mengenai prioritas mereka.  


    Potensi risiko terhadap keamanan Angkatan Laut AS di Samudera Pasifik mungkin memaksa evaluasi ulang situasi dalam waktu dekat. Hal ini membuat Amerika mempunyai pilihan untuk melakukan intervensi militer langsung di Yaman, sebuah tindakan yang memiliki konsekuensi etika dan geopolitiknya sendiri.


    Menyadari sulitnya melawan Ansarallah dengan sikap defensif, setidaknya beberapa pihak di lembaga keamanan nasional AS menuntut pasukan AS untuk melakukan serangan dan menyerang Yaman secara langsung.


    Pada tanggal 28 Desember, mantan wakil laksamana Mark I. Fox dan John W. Miller  berargumentasi bahwa “menghalangi dan merendahkan” kemampuan Iran dan Ansarallah untuk melancarkan serangan-serangan ini memerlukan serangan terhadap pasukan di Yaman yang bertanggung jawab melakukan serangan-serangan tersebut, “sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh siapa pun. melakukan." 


    Yaman sendiri baru saja bangkit dari perang Saudi dan UEA selama delapan tahun yang didukung AS dan berujung pada krisis kemanusiaan terburuk di dunia. 


    Kedua negara Teluk Persia menggunakan bom AS untuk membunuh puluhan ribu warga Yaman, sambil menerapkan blokade dan pengepungan yang menyebabkan ratusan ribu kematian tambahan akibat kelaparan dan penyakit.


    Menurut Jeffrey Bachman dari American University, Arab Saudi dan UEA melakukan “kampanye genosida melalui serangan tersinkronisasi terhadap semua aspek kehidupan di Yaman,” yang “hanya mungkin terjadi dengan keterlibatan Amerika Serikat dan Inggris. ” Namun Ansarallah muncul lebih kuat secara militer dari konflik tersebut.  


    Jika dukungan AS terhadap dua genosida di dunia Arab tidak cukup, mungkin genosida ketiga akan menjadi daya tariknya.



    Sumber : The Cradle


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Hukum & Kriminal

    +